Menggunakan Lantai parket kayu??? Perhatikan tips-tips yang berikut ini

Bila anda tertarik dengan tempat yang bernuansa etnik, silahkan coba memakai lantai kayu. Jika anda perhatikan, sifat kayu yang alami menimbulkan kesan hangat dan sejuk di tempat tinggal anda. Nuansa sejuk ketika musim kemarau, dan hangat ketika musim hujan. Mebel-mebel di tempat tinggal anda akan mudah dicocokkan dengan lantai kayu lantaran pada saat ini pilihan motif lantai kayu yang tersedia sangat beragam. Tapi harus diingat-ingat bahwasanya lantai kayu pun mempunyai kejelekan, kayu terlampau mudah menjadi korban rayap, selain itu perubahan musim pun dapat menjadikan kayu menjadi lapuk. Jikalau akhirnya anda memakai lantai kayu, jangan lupa untuk memberi perhatian lebih pada jenis kayu bersama dengan tips-tips pemeliharaannya. Pemeliharaan lantai kayu penting dilakukan secara rutin supaya warna lantai kayu tak pudar dan senantiasa menawan sampai bertahun-tahun.


Lantai parquet wajib memakai jenis kayu tertentu
 
Mebel-mebel tempat tinggal dari kayu wajib memenuhi ketentuan-ketentuan tertentu. Jenis-jenis kayu yang tahan terhadap perubahan cuaca dan tahan rayap adalah kayu yang tepat untuk digunakan sebagai mebel/furnitur rumah, beberapa diantaranya adalah kayu jati, damar laut, eboni, bangkirai, merbau. Perlu diperhatikan bahwasanya bahan rumah dari kayu wajib memakai kayu yang minim kadar air, lantaran kayu yang kadar airnya tinggi mudah susut, rengat, maupun mengembang. 


Luas dan tatanan ruangan wajib jadi acuan pertimbangan
 
Ketika memasang lantai kayu, anda wajib mempertimbangkan ukuran ruangan yang bakal dipakai. Semakin luas ruangannya, maka fondasi lantai perlu tambah kuat. Seterusnya jika jenis kayu yang dipakai karakternya lunak, bawahnya wajib dilapisi bahan lain terlebih dulu agar air dari permukaan tanah tak naik dan akhirnya menembus pori-pori kayu. Bila memakai jenis kayu yang padat seperti jati, cobalah untuk memakai paku atau perekat tertentu. Buatlah bentuk ruangan menjadi bahan pertimbangan anda ketika memasang parket kayu agar mudah menata mebel dan menjaga keselarasan ruangan. Parket kayu yang disusun vertikal paling serasi untuk model tempat memanjang, sedangkan model tempat melebar paling serasi dengan parket kayu yang disusun horisontal. Pemasangan lantai kayu pun perlu mempedulikan kerapiannya. Bila mau lantai parket anda senantiasa tahan lama dan nyaman, sebaiknya anda memastikan lantai parket tersusun dengan rata dan rapi. 


Lantai parket membutuhkan pemeliharaan secara teratur

Perawatan tertentu dibutuhkan supaya lantai kayu senantiasa indah. Jikalau anda akan mengepel lantai kayu, anda cukup hanya memakai sapu berbulu lembut atau vacuum cleaner. Ingat untuk tak mengepel lantai kayu dengan zat cair atau cairan pembersih lainnya, lantaran sifat kayu yang mudah menyerap air akan menyebabkan kayu mudah lapuk karena lembab. Lantai parket yang tertumpah air wajib segera dilap, karena lantai kayu hanya mampu membendung cairan di permukaan paling atas saja. Pindahkan furnitur anda janganlah dengan cara menggeser, karena itu akan melecetkan lantai kayu, pindahkan dengan cara menjinjingnya. Anehnya, meskipun lawan utama kayu ialah zat cair, pori-pori lantai kayu wajib senantiasa terpelihara humiditasnya, oleh karena itu lantai kayu sebaiknya dibersihkan dengan zat cair pelembab tertentu setiap 3 bulan sekali.. Pada perakitan lantai kayu, pada umumnya anda akan melihat bahwasanya pada setiap parket kayu tersedia seperti pengait yang berlapis formalin. Rayap tak senang dengan formalin, itulah tujuan pengait parket kayu disalut dengan formalin. Meskipun begitu, sama sekali tidak ada salahnya bila anda menyuntikkan anti rayap setiap 3 tahun sekali, dengan tujuan melindungi kekuatan lantai kayu anda.


Pada perakitan lantai, jasa tukang yang ahli amat dibutuhkan

Tukang  biasanya hanya asal memasang lantai kayu, mereka tidak mempertimbangkan aspek-aspek fundamental pada waktu perakitan lantai kayu. lantai kayu yang dirakit asal jadi malah menyebabkan nilai estetisnya tidak kelihatan. Lantai parket bernilai seni oleh karena itu tukang yang memasangnya mestilah teliti dan hati-hati. Tukang perlu mempertimbangkan berbagai aspek, harmonisasi pola serat, gradasi warna, dan susunan panjang parket kayu penting untuk menjadi acuan pertimbangan. Di tangan ahli, hasil perakitan lantai kayu dapat amat memuaskan. Kami siap menolong anda memasang lantai kayu dengan tujuan keindahan interior ruangan anda.