5 Tips Membeli Rumah Idaman

5 Tips Supaya Bisa Membeli Rumah Idaman

Membeli rumah idaman ialah keinginan setiap pasutri muda. Supaya dapat membangun suatu keluarga harmonis, pastilah dibutuhkan sebuah rumah tempat bernaung.


Sedikit tips ini semoga dapat membantu anda memperoleh rumah idaman anda.

Survei

Lakukan survei lokasi terlebih dulu kira-kira dimana anda mau membeli rumah impian anda. Harga rumah sangat dipengaruhi lokasinya, anda perlu menyesuaikannya dengan kesiapan budget yang anda punya.

Analisa finansial

Hitung total penghasilan anda setiap bulan, kemudian kurangilah dengan total pengeluaran rutin perbulan. Hal ini digunakan untuk mengetahui berapa banyak sisa dana yang bisa digunakan buat mengkredit rumah anda. Jangan lupa untuk memperhitungkan nilai inflasi setiap tahun (3-8%).


Pastikan anda tak mempunyai hutang

Jika anda akan mengajukan pinjaman pembelian rumah, anda wajib bebas dari tunggakan hutang. Bila tidak, biasanya bank tak akan meluluskan aplikasi kredit anda.


Tentukan cicilan perbulan

Pilihlah cicilan per bulan yang tak melebihi 30% dari jumlah penghasilan anda. Hal lain yang wajib disiapkan juga ialah DP rumah umumnya sekitar 30% dari harga jual rumah. Selain itu untuk keperluan administrasi dan lain sebagainya, persiapkan juga dana sebesar 5% dari harga jual rumah.

Menabunglah!

Walaupun penghasilan anda kecil bukan berarti anda pastilah tak dapat mempunyai rumah idaman anda. Agar bisa membeli rumah impian anda, sisihkan penghasilan anda secara konsisten. Buka satu rekening buat menyisihkan sebagian dari penghasilan anda. Dengan begitu anda bakal memiliki cash flow yg lebih terperinci dan termotivasi untuk rajin menabung.

Meskipun cuma sederhana, namun saya yakin sekali anda tentulah mampu membeli rumah idaman anda dengan mengikuti kiat diatas.